Saatnya Yang Muda Menjadi Pemimpin

0

SUARAKEDIRI- Indonesia sangat membutuhkan pemimpin pemuda yang bisa merubah wajah perekonomian, pendidikan dan budaya Indonesia. Pemuda sangat penting, karena gagasan-gagasan besarnya serta keinginannya untuk menata Indonesia yang lebih baik sesuai cita-cita Indonesia.

Pemuda dan pembangunan darah harus sejalan dengan semangat cita-cita Indonesia dengan membuka kesempatan bagi setiap masyarakat khususnya pemuda mengisi pembangunan daerah.

Pemuda sebagai elemen penting masyarakat dalam pembangunan daerah, sudah sepatutnya memaknai dan mewarnai setiap kebijakan pembangunan daerah. Di situlah pentingnya pemuda memposisikan diri dan mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini.

Dalam rekam jejaknya, pemuda acapkali dalam posisi sebagai pelopor pembaharuan sekaligus pengawal perubahan. Semangat perubahan yang menjiwai semangat cita-cita kemerdekaan, mestinya menemukan titik yang sama dengan peran yang telah melekat dalam diri pemuda.

Menerjemahkan peran-peran strategis yang memberi konstribusi bagi percepatan pembangunan daerah, menjadi pilihan yang tidak boleh berlalu, tanpa pemaknaan dari pemuda. Praktik cita-cita kemerdekaan yang acapkali tidak tepat diterjemahkan oleh pemerintah daerah, perlu terus mendapat kontrol dari masyarakat.

Sepatutnya, pemuda tidak lagi hanya dalam posisi berpangku tangan atau menunggu inisiasi dari pemerintah daerah untuk bersama-sama berperan mengisi pembangunan daerah. Menginisiasi dan mendorong konsep pembangunan daerah dalam era melinial, sangat terbuka bagi pemuda.

Pemuda yang mampu membaca tanda-tanda zamannya, seyogyanya telah berada pada pilihan penguatan kelembagaan lokal, guna mendorong kesadaran semua elemen masyarakat tuk terlibat aktif mendorong percepatan pembangunan daerah.

Akhirnya, pemuda harus menyadari bahwa, harapan dan cita-cita kemerdekaan akan kedaulatan sepenuhnya untuk rakyat, dengan semangat demokrasi oleh dan untuk rakyat, di era melinial ini, ada dipundak para pemuda. Di momentum 17 Agustus ini, mari bangkit bersatu Pemuda untuk kita jadikan momentum saatnya yang muda menjadi pemimpin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here