Alex Kurniawan Mendorong Pemerintahan Kabupaten/Kota Kediri Ambil Alih Kepengurusan SMA/SMK

0

SUARAKEDIRI-Direktur Utama Suarakediri.com menilai pemerintah kabupaten/kota Kediri harus mengambil alih kembali kewenangan pengurusan sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Pasalnya, setelah pengurusan diambil alih Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sumbangan dana pendidikan (SDP) sangat memberatkan orang tua siswa.

Alex Kurniawan menyampaikan, sejak kepengurusan diambil alih Pemprov Jatim, selain kewajiban SDP yang ditarik dari tiap orang tua siswa, ada beban biaya tambahan yang juga harus ditanggung orangtua.

“Kita menyikapi terjadinya pembiayaan yang di kelukan orangtua murit SMA/SMK di Kabupaten/Kota Kediri yang mengelukan pembiayaan yang cukup tinggi saat di kelola Pemprov Jatim” tutur Alex Kurniawan.

Padahal sebelum diambil alih pemprov, Pemerintah Kota/Kabupaten Kediri berhasil mematok besaran SDP bulanan seminim mungkin.

Diakuinya, sebelum diambil alih pemprov, proses belajar mengajar SMA dan SMK negeri tidak sepenuhnya bebas biaya. Masih ada beberapa komponen pembiayaan yang harus dipenuhi orang tua siswa.

Misalnya, pada awal tahun ajaran baru, orang tua masih dikutip biaya sumbangan wajib cukup besar ungkap Direktur Suarakediri.com.

“Ketika masih di bawah kepengurusan Pemerintah Kabupaten/kota Kediri biayanya bisa ditekan lebih murah. Kenapa saat dipegang pemprov menjadi sangat mahal?” ujarnya mirip swasta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here