Ki Suratin Penjaga Sendang Tirta Kamandanu

0

SUARAKEDIRI-Suratin adalah seniman wayang kulit Kediri, beliau pembuat wayang kulit mulai tahun 1954-2000. Hampir 46 tahun hidupnya bergelut dengan wayang.

Mulai karirnya menjadi pembuat wayang kulit, susah senang menghiasi kehidupanya. Beliau memasarkan wayang kulit yang di buat sampai ke pelosok desa.

Beliau pada tahun 1967-1987 pernah mencicipi sebagai sutradara lodrok, Beliau pengkonsep adegan-adegan yang di perankan di setiap panggung.

Suratin atau biasa dipanggil Ki Suratin, lahir 14-april-1944 di Kemenang, Kabupaten Kediri. Beliau Juru kunci Sendang Tirta Kamandanu yang berada di Desa Pemenang.

Sendang Tirta Kamandanu Kediri adalah kompleks sumur kuno di Desa Pamenang, Kediri. Sendang kuno ini dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai tempat dimana Raja Kediri Prabu Sri Aji Joyoboyo melakukan pensucian diri sebelum beliau mukso ke alam kelanggengan.

Lokasi Sendang Tirta Kamandanu Kediri hanya berjarak sekitar 1 km dari Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan merupakan kompleks yang lebih luas.

Dari tepian parkir kendaraan menuju ke bagian utama sendang terdapat sebuah lapangan lumayan luas yang rindang pepohonannya mampu melindungi pengunjung dari sengat matahari Kediri yang terik.

Di salah satu sudut tembok luar kompleks Sendang Tirta Kamandanu Kediri terdapat Arca Brahma bertangan empat. Masing-masing tangan memegang teratai, kitab Weda, gada dan genitri.

Pada masing-masing sudut lainnya terdapat arca Dewa Wisnu, Bayu, dan Indra. Nama-nama yang juga sangat dikenal dalam dunia pewayangan Jawa.

Arca Siwa berukuran lumayan besar yang wajah halusnya tampak menyungging senyum tipis, berdiri berpunggungan dengan arca Ganesha. Tempat berada di samping kolam pemandian Sendang Tirta Kamandanu Kediri.

Terdapat beberapa tempat tulisan Jawa yang tak ada terjemahan Latinnya, sehingga tak tahu apa maknanya.

Tidak jauh dari Arca Siwa terdapat Sumur atau Sendang Tirta Kamandanu yang airnya di alirkan dengan sebuah pompa listrik ke tempat penampungan, dan lalu ke kolam pemandian. Di kolam tersebut terdapat air lumayan bersih dan terdapat banyak ikan emas.

Terdapat di bawah pohon beringin besar dan tua. Yang sangat mengesankan terdapat bangunan pendek segi empat memanjang layaknya sebuah pusara, dengan bagian tengah menyudut ke bawah yang bertabur kanthil, serta bunga mawar merah dan putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here