Destinasi Wisata Watutulis yang Di Anggap Lebih Tua Dari Kerajaan Majapahit

0

SUARAKEDIRI- Kediri mempunyai beberapa wisata diantaranya.Desa Watutulis di Kecamatan Prambon memiliki objek wisata purbakala. Yakni Candi Watutulis. Bangunan cagar budaya ini setiap hari dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Meskipun disebut candi, situs ini hanya berupa tumpukan batu berusia ratusan tahun. Buadi, juru pelihara, mengatakan, usia Candi Watutulis diperkirakan lebih tua ketimbang Kerajaan Majapahit. “Kemungkinan dibangun pada zaman Kerajaan Jenggolo atau Kahuripan,” ujar Andi kemarin.

Ratusan batu berukir itu dulunya terserak begitu saja. Kemudian Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan penataan pada 1992. Sayang, sampai sekarang belum ada tanda-tanda situs ini direstorasi agar bisa dinikmati wujudnya seperti Candi Pari atau Candi Sumur di Kecamatan Porong. “Katanya sih butuh biaya miliaran rupiah untuk restorasi. Makanya, sampai sekarang ya seperti ini saja,” ujar pria asli Desa Watutulis itu.

Andi bersyukur karena Pemerintah Desa Watutulis ikut menaruh perhatian pada situs ini. Mulai dari membantu pembangunan pendapa, rumah juru kunci, hingga membayar abonemen listrik bulanan. Ini yang membuat Candi Watutulis selalu terlihat bersih dan hijau. “Alhamdulillah, para pengunjung kerasan dan bisa istirahat sambil melihat kondisi batu-batu candi,” ujarnya.

Buadi berharap akses masuk ke kompleks bangunan cagar budaya ini bisa diperlebar. Saat ini pengunjung hanya bisa menggunakan sepeda motor di atas pematang sawah. Juga belum ada papan nama yang mencolok di pinggir jalan raya.

Situs purbakala ini berupa dua makam yang di sampingnya terdapat tumpukan yang dulunya sebuah candi. Motif relief terlihat beraneka ragam, di antaranya relief wanita, relief kala (Buto), relief dua orang, dan ukiran-ukiran. Di area petilasan juga terdapat bahan dan alat–alat untuk ritual seperti tempat bunga, tempat dupa, payung tinggi berwarna kuning.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here