Alex Kurniawan: Pancasila adalah Kesejatian Indonesia

0

SUARAKEDIRI- Kediri: Hari ini, Jumat, 1 Juni 2018, kita kembali memperingati Kelahiran Pancasila. Melihat sejarah kita, lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang Bung Karno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan Bung Karno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Menyikapi peringatan Kelahiran Pancasila, Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat dan program pro rakyat DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Alex Kurniawan mengajak masyarakat Indonesia semakin memahami bahwa Pancasila adalah kesejatian Bangsa Indonesia.

“Kelima sila yang disampaikan Bung Karno sesungguhnya adalah jati diri bangsa Nusantara. Bangsa kita adalah bangsa yang Berketuhanan Maha Esa, bangsa yang memperjuangkan keberadaban, bangsa yang mencintai tanah airnya, bangsa yang mengedepankan dialog, dan bangsa yang ingin sejahtera bersama. Itulah sejatinya jiwa bangsa Indonesia,” ujar Alex Kurniawan kepada wartawan di ruang kerjanya, Kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur Jl kertajaya indah, Surabaya, Jumar (1/6).

Alex kembali mengajak seluruh anak bangsa untuk memahami makna Pancasila yang termuat di perisai Burung Garuda, lambang negara. Pita yang dicengkram dengan kukuh oleh Burung Garuda adalah semboyan bangsa “Bhinneka Tunggal Ika”. Maknanya keberagaman adalah kekayaan dan kekuatan luar biasa sebab kita berada dalam satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

“Pemahaman-pemahaman inilah yang harus kembali kita sampaikan pada semua anak bangsa. Pancasila, Burung Garuda, Bhinneka Tunggal Ika adalah kesejatian kita. Tidak ada yang bisa mengubahnya karena ia memang bagian dari kehidupan kita sebagai bangsa,” Alex menegaskan.

Karenanya Alex berharap berbagai indikasi adanya kecurigaan sesama anak bangsa segera diakhiri. Klaim-klaim merasa sebagai yang paling Pancasilais segera disudahi. Tidak ada kelompok yang paling Pancasilais karena Pancasila memang jiwa sejati bangsa Indonesia.

“Yang dibutuhkan saat ini adalah persatuan seluruh elemen bangsa karena ideologi kita ini akan terus diserang ideologi asing. Apa pun akan mereka lakukan hingga kita kehilangan ideologi. Mereka yang menawarkan ideologi di luar Pancasila itulah yang seharusnya kita hadapi bersama. Jangan sampai kita kehilangan ideologi kita, kehilangan jati diri kita, kehilangan Pancasila. Jika itu sampai terjadi maka kita akan menjadi bangsa tanpa jiwa,” Alex Kurniawan memungkasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here